SEBUAH PENYESALAN

copy paste
Sebuah Penyesalan
Written by Eka Kurniawan
Friday, 26 December 2008 08:17



Seorang pemuda sebentar lagi akan diwisuda. Sebentar lagi dia menjadi seorang sarjana,akhir dari jerih payahnya selama beberapa tahun di bangku pendidikan. Beberapa bulan yang lalu dia melewati sebuah showroom dan saat itu dia jatuh cinta kepada sebuah mobil keluaran terbaru dari Ford. Selama beberapa bulan dia selalu membayangkan, nanti pada saat wisuda ayahnya pasti akan membelikan mobil itu kepadanya.

Dia yakin, karena dia anak satu- satunya dan ayahnya sangat menyayanginya. Sehingga dia sangat yakin bahwa nanti dia pasti akan mendapatkan mobil itu. Dia pun berangan-angan mengendarai mobil itu, bahkan semua mimpinya itu dia ceritakan keteman-temannya. Saatnya pun tiba, setelah wisuda, dia melangkah pasti ke ayahnya. Sang ayah tersenyum, dan dengan berlinang air mata karena terharu. Dia mengungkapkan betapa dia bangga akan anaknya, dan betapa dia mencintai anaknya itu. Lalu dia pun mengeluarkan sebuah bingkisan,… bukan sebuah kunci ! Dengan hati yang hancur sang anak menerima bingkisan itu, dan dengan sangat kecewa dia membukanya. Dan dibalik kertas kado itu ia menemukan sebuah Kitab Suci yang bersampulkan kulit asli,dikulit itu terukir indah namanya dengan tinta emas. Pemuda itu menjadi marah, dengan suara yang meninggi dia berteriak, “Yaahh… Ayah memang sangat mencintai saya, dengan semua uang ayah, ayah belikan kitab ini untukku ? ” Lalu dia membanting Kitab Suci itu dan lari meninggalkan ayahnya.Ayahnya tidak bisa berkata apa-apa, hatinya hancur, dia berdiri mematung ditonton beribu pasang mata yang hadir saat itu. Tahun demi tahun berlalu, sang anak telah menjadi seorang yang sukses, dengan bermodalkan otaknya yang cemerlang dia berhasil menjadi seorang yang terpandang. Dia mempunyai rumah yang besar dan mewah, dan dikelilingi istri yang cantik dan anak-anak yang cerdas. Sementara itu ayahnya semakin tua dan tinggal sendiri. Sejak hari wisuda itu, anaknya pergi meninggalkan dia dan tak pernah menghubunginya. Dia berharap suatu saat dapat bertemu anaknya itu, hanya untuk meyakinkan dia betapa sayang pada anaknya itu. Sang anak pun kadang rindu dan ingin bertemu dengan sang ayah. Tapi mengingat apa yang terjadi pada hari wisudanya, dia menjadi sakit hati dan sangat mendendam. Sampai suatu hari datang sebuah telegram dari kantor kejaksaan yang memberitakan bahwa ayahnya telah meninggal, dan sebelum ayahnya meninggal, dia mewariskan semua hartanya kepada anak satu-satunya itu.

Sang anak disuruh menghadap jaksa wilayah dan bersama-sama ke rumah ayahnya untuk mengurus semua harta peninggalannya. Saat melangkah masuk ke rumah itu, mendadak hatinya menjadi sangat sedih, mengingat semua kenangan semasa dia tinggal disana. Dia merasa sangat menyesal telah bersikap jelek terhadap ayahnya. Dengan bayangan-bayangan masa lalu yang menari-nari di matanya, dia menelusuri semua barang dirumah itu. Dan ketika dia membuka brankas ayahnya, dia menemukan Kitab Suci itu, masih terbungkus dengan kertas yang sama beberapa tahun yang lalu. Dengan airmata berlinang, dia lalu memungut Kitab Suci itu, dan mulai membuka halamannya. Di halaman pertama Kitab Suci itu, dia membaca tulisan tangan ayahnya, “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling bermanfaat bagi orang lain. Dan Tuhan Maha Kaya dari segala apa yang ada di dunia ini” Selesai dia membaca tulisan itu, sesuatu jatuh dari bagian belakang Kitab Suci itu. Dia memungutnya,…. sebuah kunci mobil ! Di gantungan kunci mobil itu tercetak nama dealer, sama dengan dealer mobil sport yang dulu dia idamkan ! Dia membuka halaman terakhir Alkitab itu, dan menemukan di situ terselip STNK dan surat-surat lainnya, namanya tercetak di situ. dan sebuah kwitansi pembelian mobil, tanggalnya tepat sehari sebelum hari wisuda itu.

Dia berlari menuju garasi, dan di sana dia menemukan sebuah mobil yang berlapiskan debu selama bertahun-tahun, meskipun mobil itu sudah sangat kotor karena tidak disentuh bertahun-tahun, dia masih mengenal jelas mobil itu, mobil sport yang dia dambakan bertahun-tahun lalu. Dengan buru-buru dia menghapus debu pada jendela mobil dan melongok ke dalam. bagian dalam mobil itu masih baru, plastik membungkus jok mobil dan setirnya, di atas dashboardnya ada sebuah foto, foto ayahnya, sedang tersenyum bangga. Mendadak dia menjadi lemas, lalu terduduk di samping mobil itu, air matanya tidak terhentikan, mengalir terus mengiringi rasa menyesalnya yang tak mungkin diobati……..

Read More..

BERAPA GAJI BAPAK

dicopy paste dari http://inspirasipagi.wordpress.com/2008/02/01/berapa-gaji-papa/

1 Februari 2008 in Motivasi | Tags: ayah, keluarga, renungan | 2 komentar - komentar

Seperti biasa Rudi, Kepala Cabang di sebuah perusahaan swasta terkemuka di Jakarta, tiba di rumahnya pada pukul 9 malam. Tidak seperti biasanya, Imron, putra pertamanya yang baru duduk di kelas tiga SD yang membukakan pintu. Ia nampaknya sudah menunggu cukup lama.

“Kok, belum tidur?” sapa Rudi sambil mencium anaknya. Biasanya Imron memang sudah lelap ketika ia pulang dan baru terjaga ketika ia akan berangkat ke kantor pagi hari. Sambil membuntuti sang Papa menuju ruang keluarga, Imron menjawab, “Aku nunggu Papa pulang. Sebab aku mau tanya berapa sih gaji Papa?”“Lho, tumben, kok nanya gaji Papa? Mau min! ta uang lagi, ya? ” “Ah, enggak. Pengen tahu aja.” “Oke. Kamu boleh hitung sendiri. Setiap hari Papa bekerja sekitar 10 jam dan dibayar Rp 400.000,-. Dan setiap bulan rata-rata dihitung 22 hari kerja. Sabtu dan minggu libur, kadang sabtu Papa masih lembur. Jadi, gaji Papa dalam satu bulan berapa, hayo?”

Imron berlari mengambil kertas dan pensilnya dari meja belajar, sementara Papanya melepas sepatu dan menyalakan televisi. Ketika Rudi beranjak menuju kamar untuk berganti pakaian, Imron berlari mengikutinya. “Kalau satu hari Papa dibayar Rp 400.000,- untuk 10 jam, berarti satu jam Papa digaji Rp 40.000,- dong,” katanya. “Wah, pinter kamu. Sudah, sekarang cuci kaki, bobok,”perintah Rudi. Tetapi Imron tak beranjak.

Sambil menyaksikan Papanya berganti pakaian, Imron kembali bertanya, “Papa, aku boleh pinjam uang Rp.5.000,- nggak?” “Sudah, nggak usah macam-macam lagi. Buat apa! minta uang malam-malam begini? Papa capek. Dan mau mandi dulu. Tidurlah. “Tapi Papa…” Kesabaran Rudi habis. “Papa bilang tidur!” hardiknya mengejutkan Imron. Anak kecil itu pun berbalik menuju, kamarnya.

Usai mandi, Rudi nampak menyesali hardikannya. Ia pun menengok Imron di kamar tidurnya. Anak kesayangannya itu belum tidur. Imron didapatinya sedang terisak-isak pelan sambil memegang uang Rp.15.000,- di tangannya. Sambil berbaring dan mengelus kepala bocah kecil itu, Rudi berkata, “Maafkan Papa, Nak, Papa sayang sama Imron”. Buat apa sih minta uang malam-malam begini? Kalau mau beli mainan, besok’kan bisa. Jangankan Rp 5.000,- lebih dari itu pun Papa kasih.”

“Papa, aku nggak minta uang. Aku pinjam. Nanti aku kembalikan kalau sudah menabung lagi dari uang jajan selama minggu ini. “Iya, iya, tapi buat apa?” tanya Rudi lembut. “Aku menunggu Papa dari jam 8. Aku mau ajak Papa main ular tangga. Tiga puluh menit saja, mama sering bilang kalau waktu Papa itu sangat berharga. Jadi, aku mau ganti waktu Papa. Aku buka tabunganku, ada Rp15.000,-. Tapi karena Papa bilang satu jam Papa dibayar Rp 40.000,-, maka setengah jam aku harus ganti Rp 20.000,-. Duit tabunganku kurang Rp 5.000,- . Makanya aku mau pinjam dari Papa,” kata Imron polos.

Rudi terdiam. Ia kehilangan kata-kata. Dipeluknya bocah kecil itu erat-erat dengan perasaan haru. Dia baru menyadari, ternyata limpahan harta yang dia berikan selama ini, tidak cukup untuk “membeli” kebahagiaan anaknya.

Read More..

SCAN VIRUS ONLINE

OK saudara sebangsa setanah air. Kalau anda kebetulan mendapatkan file yang membuat anda kurang tenang, anda curigai mungkin bervirus. Selain anda scan dengan Antivirus terbaru yang anda install di komputer anda. Anda mungkin juga tertarik menscan file tersebut secara onlline. Bukan Online banget sih. Tapi intinya file anda kirim, diterima lalu anda tunggu sebentar. Hasil scannya langsung bisa anda lihat. Enak khan ? Ya memang lumayan enak sih. Lebih-lebih bila file yang anda curigai cukup kecil - jadi bisa terkirim dengan cepat. Memang biasanya ukuran virus cukup kecil khan ???

Caranya gampang anda masuk saja ke situs : http://www.virustotal.com

Upload file yang ingin anda scan.Silakan tunggu sebentar. Maka anda akan mendapatkan laporan lengkap dari berbagai Antivirus update terbaru. Saat saya menulis tulisan ini Antivirus yang dipake 36 buah termasuk Antivirus populer semacam Avast, AVG, Kaspersky, Simantec, Norman, Panda, dan masih banyak lagi. Anda lihat sendiri deh.

Lumayan keren khan. Tidak tanggung-tanggung file anda discan oleh 36 Antivirus sekaligus.

Coba bayangkan kalo Antivirus sebanyak itu anda install di komputer anda. Hi Hi hi....
Bisa malah jadi almarhum komputer anda kebanyakan antivirus.

Sebagai bahan percobaan untuk memeriahkan suasana - Program buatan Mas LucuBRB saya jadikan kelinci percobaan. Program yang mana ? Ya program Folder Lock Password Recovery jilid 2. Program untuk mengintip password Folder Lock itu lho. Bagi rekan-rekan yang barusan ngintip blogku. Silakan lihat pembahasan sebelumnya di :
http://lovepassword.blogspot.com/2008/08/memakai-folder-lock-password-recovery-v.html

Saya kirimkan program keren itu ke www.virustotal.com, lalu saya tunggu hasilnya. Bagaimanakah hasilnya ???

Bagaimana hayo ???

Hi Hi hi....

Hasilnya ternyata bervariasi saudara sebangsa setanah air . Anda bisa ngintip hasilnya di :

http://www.virustotal.com/analisis/25346f6fe899a0f9c894b46609225b56

Dari 36 Antivirus yang menyecan, 16 AV memberikan tanda merah - yang kurang lebih artinya peringatan kali ya. Sedangkan sisanya yaitu 20 AV mengatakan nihil atau aman.

Jadi bahasa gaulnya : Kurang lebih 44% Antivirus mengkhawatirkan program ini, sedangkan sisanya yaitu kurang lebih 56% Antivirus "meyakini" kalo program ini aman.

Antivirus yang mengatakan aman adalah Antivirus-antivirus yang populer di Indonesia, misalnya : AVG, Avast, Kaspersky, Simantect, McAfee, Norman, dsb. Sedangkan yang memberi tanda merah antara lain : Panda, PC Tool, ClamAV, Trend Micro, dsb. Dan alasannya : Kelihatannya masalahnya pada packer lagi Hi hi hi.

Kalo anda kebetulan programmer komersial, maksudku ingin membuat program yang dikomersialkan /dijual. Mungkin ada baiknya juga bila mengecek program buatan anda dengan situs ini. Maksudku agar anda tahu packer yang anda pakai membuat serem atau nggak bagi pengguna program anda.

Sekarang pertanyaan saya : Kalo rekan-rekan menjumpai kondisi ajaib seperti ini : Hampir fifty-fifty. Kurang lebih setengah Anti virus yang mengatakan OK, sedangkan setengah sisanya mengatakan agak serem. Lalu apa langkah anda selanjutnya ??? Anda percaya antivirus yang mana ??? Bingung khan ?

Ada beberapa alternatif solusi di sini :

- Pertama : Kalo anda cukup punya kemampuan membaca program, serta memiliki sumber daya (komputer, dsb) yang cukup baik, anda mungkin tertarik untuk menganalisa program tersebut secara manual. Artinya : OK Antivirus tugasmu cukup sampe di sini Saya mau membedah programnya langsung. Atau boleh juga sih pake analisa tidak langsung.

Kebetulan temanku Mas Aris dari Topeng Digital lagi posting masalah bedah membedah ini. Rekan-rekan bisa ngintip salah satu cara bedah membedah di :

http://topengdigital.blogsome.com/2008/07/25/membongkar-file-exe-buatan-visualbasic-dengan-vb-decompiler-lite/

Karena biasanya virus itu dipacking, tentu packingnya juga perlu dibuka dulu. Salah satu contoh cara membuka packing bisa dilihat di :
http://topengdigital.blogsome.com/2008/07/23/membuka-file-exe-yang-diencrypt-upx/

Masalah caranya, sebenarnya sangat bervariasi termasuk bervariasi pusingnya juga - tergantung dari packing yang dipakai serta bahasa yang dipakai oleh programmernya. Tetapi ide dasarnya ya kurang lebih seperti yang diungkap temenku di Topeng Digital itu.

Harap diperhatikan juga, kalo memang anda sangat curiga bahwa file tertentu adalah virus, tentu baiknya proses analisanya tidak dilakukan di sembarang komputer. Apalagi di komputer yang anda pake kerja. Yang ideal pakailah komputer lain. Yang sedikit tidak ideal bisa juga memakai program tertentu yang bisa membuat semacam drive atau lingkungan virtual yang bisa diisolasi. Intinya : Jangan gegabah lah kalo bermain-main dengan virus.

- Lalu bagaimana bila kita tidak punya kompetensi maupun sumberdaya untuk menganalisa virus secara manual ??

Tentu ada berbagai alternatif solusi : Yang pertama meminta pihak lain yang bisa melakukan analisa secara manual. Kirimkan saja sampel file tersebut ke pakar-pakar virus yang terkenal baik hati. He he he.....-

Sedangkan bila anda males repot, ya terpaksa cuma berdoa saja atau beriman saja kepada Tuhan maupun "beriman" kepada programmernya yang mengatakan kalo program itu tidak bervirus. Kalo anda "tidak beriman" ? Yah jangan didownload. Kata GusDur : Gitu saja kok repot. He he he.


* NB : Untuk Mbak Dela Luthu yang lagi pusing karena murid-muridnya terlalu kreatif, sabar ya mbak. Orang sabar disayang Tuhan. Hi Hi hi. Link serta softwarenya lagi tak carikan.

Read More..

SITUS TUTORIAL MACROMEDIA FLASH

Jiaka anda membutuhkan tutorial flash silahkan kunjungi ajasitus-situs yang akan saya posting di sini tetapi untuk saat ini memeang masih belum terposting, ma'lumlah masih sibuk

Read More..

Cek Ketersediaan Domain Anda Di Sini

Banner Penarik Dollar

Klik Kolam Untuk Memberi Makan Ikan